techno

Cara Screenshot di Laptop Mudah Anti-Ribet, Yuk Coba

 

Pada era modern ini, yang namanya teknologi sudah berkembang pesat. Begitu juga dengan laptop serta komputer untuk para mahasiswa dan pekerja kantor. Nah, terkadang ketika kita sedang ingin mengambil suatu gambar di halaman internet, kita merasa kesulitan terkait mengambil screenshot alias tangkapan layar untuk berbagai macam keperluan. Fitur ini sebenarnya sudah ada dalam sistem operasi bawaan hingga berbagai macam aplikasi yang saat ini marak di pasaran.

Namun, mungkin di antara kalian, ada yang belum tahu cara mengambil gambar halaman melalui laptop atau komputer.

Kali ini kami telah merangkum bagaimana cara screenshot di laptop.

Ada berbagai cara dengan menggunakan Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan secara khusus dengan sistem operasi Windows 10.

Windows XP

Meskipun dalam operasi windows XP sudah usang, tetapi kami akan tetap menyajikan siapa tahu berguna untuk kalian. Untuk melakukannya, Anda bisa menekan tombol Print Screen atau PrtSc yang biasanya berada di pojok kanan atas keyboard.

 

Setelah menekannya, Anda cukup menekan Ctrl+V di program apa pun untuk menyalin  gambar misalnya paint, atau bahkan Microsoft Power Point dan Microsoft Word. Ada cara lain yaitu dengan menekan tombol Alt+PrtSc secara bersamaan.

 

Windows Vista dan Windows 7

Selain dengan cara seperti di Windows XP,  ternyata Windows Vista dan Windows 7 dibekali oleh Microsoft metode lain untuk screenshot. Caranya dengan menggunakan Snipping tools. Fitur yang satu ini dapat Anda gunakan di seluruh versi Windows kecuali Windows XP.

 

Untuk membuka fitur ini, kalian bisa menekan tombol start, lalu dilanjutkan memilih All Programs dan dilanjutkan kembali dengan memilih Accessories serta klik Snipping tool.

 

Baca Juga :  Olahraga Menjadi Menyenangkan Dengan Aplikasi Lari

Kalian bisa mengambil gambarnya secara spesifik di layar monitor menggunakan aplikasi ini dengan klik new, lalu save setelah selesai mengambil screenshot.

 

Windows 8

Windows 8 memiliki keunggulan di mana Microsoft telah membekalinya dengan kemampuan menyimpan screenshot yang Anda ambil secara otomatis ke folder yang diinginkan.

 

Untuk melakukannya, kalian cukup menekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Kemudian hasilnya akan tersimpan secara otomatis ke dalam folder Pictures Library.

Windows 10

Setelah kita mengetahui berbagai macam cara di beberapa operasi Windows yang mungkin saja saat ini sudah tidak Anda pakai lagi, kali ini kami menyajikan terkait cara screenshot di laptop dengan Windows 10.

 

  • Cara Pertama

Menggunakan snipping tool yang sudah ada dari era Windows Vista. Untuk menemukan fitur ini, kalian cukup tekan start lalu all programs, klik windows accessories. Di dalamnya nanti kalian akan menemukan snipping tools. Untuk menggunakannya anda cukup klik new untuk memulai dalam prosesnya.

 

  • Cara Kedua

Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan yakni dengan menekan tombol PrtSc atau PrtScn yang biasanya terletak di pojok kanan atas.

 

Perbedaan dengan snipping tools adalah  pada Windows 10. Jika anda menggunakan cara ini, maka secara otomatis gambar yang Anda ambil akan tersimpan dengan sendirinya di dalam folder pictures.

 

  • Cara Ketiga

Cara ini jarang digunakan terlebih jika Anda pengguna Surface. Kalian yang pengguna Windows Surface dapat mengambil screenshot dengan cara menekan tombol windows serta volume down.

 

Cara ini sebenarnya mirip dengan cara mengambil gambar di tablet maupun android, sebagai tanda jika kalian berhasil adalah layar Surface sekejap akan redup dan kembali terang dan gambar yang anda ambil akan secara otomatis disimpan dalam folder screenshots oleh Surface.

 

Baca Juga :  Harga paket XL dan Cara Cek Kuota Interbet XL

Cukup mudah, kan? Selamat mencoba.

 

 

Author Since: Mar 21, 2019

Related Post